Thursday, September 23, 2010

Asam Urat


Kemaren, bangun dari tidur saya merasakan dengkul kanan saya sakit. Saya pikir ah ini karena pegel aja kali. Siang hari kok tambah sakit, dan sedikit bengkak, sampe2 saya jalannya sedikit pincang. Temen saya bilang mungkin ke pentok meja, tapi saya pikir gak mungkin, karena kalo kepentok meja, pasti ada biru memar.

Saya takut banget kalau sampe besoknya saya gak bisa jalan. Rasanya pengen cepet2 pulang dan tanya ke suami,kira2 saya kenapa. Yang ada di pikiran saya adalah penyakit asam urat. Karena suami saya pernah terkena asam urat, maka saya ingin sekali tanya ke dia.

Setelah sampe rumah, saya buru buru deh tanya ke suami tentang dengkul saya yang tiba2 bengkak. Tapi kata suami, kayaknya gak mungkin saya terkena asam urat karena dia pikir saya itu gak pernah makan sayuran, makan dagingpun jarang2 banget. Jawaban suamipun gak bikin saya puas, sampe2 saya takut banget makan. Akhirnya saya cuma minum air putih yang banyak dan juice aja malemnya. Sayapun jadi inget temen saya beberapa tahun yang lalu kalo dia terkena asam urat di kakinya, temen saya bilang kalo dia minum air putih yang banyak supaya menghancurkan purin yang membuat bengkak dikakinya. Makanya saya minum air putih terus, sampe2 pengen buang air kecil terus setiap setangah jam.

Paginya saya sudah bisa jalan, sakit sih masih sedikit terasa. Sampe tulisan ini dibuatpun saya sudah bisa jalan seperti biasa. Bengkakpun sudah hilang.

Sayapun gak pernah tau, apa saya itu terkena asam urat atau tidak kemaren. Untuk periksa ke dokter saya males banget.

25 comments:

  1. PertamaX
    wah harus segera diperiksakan ke d0kter mBak, daripada berlarut2 ntar malah tambah parah lho

    ReplyDelete
  2. cek lab ajah mom, khan jadi ketaun ....

    ReplyDelete
  3. @Tembang & Mom Dzaky : iya sih pengen banget periksa ke dokter, tapi kayaknya gak sekarang..selain males, waktupun gak ada sama sekali...Thanks yah atas sarannya

    ReplyDelete
  4. Air putih memang bisa menyembuhkan penyakit. Mudah2an tidak datang lagi ya. Jangan sampai kurang minum...

    ReplyDelete
  5. si "Males" itu emang seneng bgt bikin org nunda2 ngelakuin sesuatu ya.. hehe..
    cepet sembuh mbak.. :)

    ReplyDelete
  6. @Wina : iya neh Win kayaknya saya harus berjuang melawan si males hehehe...btw, Thanks yah Win

    ReplyDelete
  7. mirip2 sama aku nih dulu waktu kerja,waktu diperiksa sih krn terlalu sering turun naik tangga

    ReplyDelete
  8. Tu bukan Asam urat tpi waktu tidur tidak sadar membentur tembok... he.he.he.

    ReplyDelete
  9. @Fitrian :...mudah2an sih karena kecapean aja kali yahh..hehehe
    @U and I : perasaan ranjang jauh dari tembok dehhh...hehehe

    ReplyDelete
  10. Penyakit yang sangat menjengkelkan.... huh,,,, dasar asam urat,,,,

    ReplyDelete
  11. sama kayak yang lain, sarannya sich segera periksakan aja ke dokter biar ketahuan kenapa-kenapanya, n segera dapat penanganan yang tepat, sebelum terlambat.

    salam kenal..

    ReplyDelete
  12. minum banyak air putih mang banyak manfaatnya, kalau aku pas sakit pinggang gitu biasanya krn kurang minum air putih juga. mudah-mudahan gak kambuh lagi ya bin ...

    ReplyDelete
  13. @Asis : hehehehe..mudah2an sih bukan asam urat

    @Desy : Thanks yah sarannya De..met kenal juga

    @Isma : sampe sekarang aku masih minum banyak banget aer putih..iya neh mudah2an gak kambuh lagi

    ReplyDelete
  14. riwayat sebelumnya habis makan apa ya mbak?
    Asaam urat juga sangat peka dengan kacang-kacangan..

    ReplyDelete
  15. @Ummi : aku juga gak tau...soalnya baru kali ini ngerasain seperti ini...jadi gak inget abis makan apa aku itu..

    ReplyDelete
  16. minum aer putih emang banyakmanfaatnya.
    Semoga mba bintang ga kena asam urat beneran..

    ReplyDelete
  17. @Entik : iya mudah2an aja bukan asam urat..thanks yahh

    ReplyDelete
  18. Andi Kusuma : http://www.kedaiobat.co.cc

    Asam Urat, biasanya menyerang bagian persediaan tulang.. Biasanya, kalo kita pergi ke dokter, paling kita diberi Obat Antiinflamasi, untuk penghilang rasa nyeri..

    Nah, pengalaman saya sih, kalo ada nyeri hebat, sampai menimbulkan bengkak, lantaran darah tdk mengalir secara lancar, biasanya ini :

    ASAM MEFENAMAT 500MG 3XSEHARI + METHYL PREDNISOLON 4MG 2XSEHARI..

    Cari Toko Obat atau Apotek, coba deh mbak.. (Sekedar Berbagi)

    ReplyDelete
  19. @Andi :Makasih yah..coba nanti aku cari obat yang komposisinya seperti itu

    ReplyDelete
  20. wah thanks postingannya... soalnya ku juga kayaknya asam urat he he he

    ReplyDelete
  21. @Bundanya I-an : hehehehe..sama yah...

    ReplyDelete
  22. begitu ya? klo aku nih mbak bintang pernah ngalaim hal yang sama,tapi bukan di lutut but di telapak kaki,entah knp bisa sembuh sendiri dengan jalan2 di pagi hari yang sebelumnya jarang kulakukan..hehe

    ReplyDelete
  23. wah ini penyakit-ku...kalo udah banyak makan kacang, pasti kambuh deh asam uratnya. daun singkon termasuk salah satu sayur yg paling gampang memicu asam urat.
    daging merah juga (daging sapi), kalo daging ayam sih ga terlalu...
    kalo aku di sendi jempol kaki, baik kanan maupun kiri. makanya aku jaga makanan banget2..

    ReplyDelete
  24. @Om Piter And Admin (Budiawan) : kalo aku baru kali ini ngalamin seperti itu..so aku juga gak tau itu asam urat atau gak..banyak orang bilang kalo itu asam urat...aku malah takut neh untuk check..hehehe...

    ReplyDelete