Thursday, December 3, 2009

...Daun Kunyit...



Merantau dinegeri orang, banyak hal yang menyenangkan dan banyak juga hal yang tidak menyenangkan yang kita alami. Hal yang paling tidak menyenangkan adalah soal makanan. Kita terbiasa dengan makanan dari negara kita, mulut kita gak bisa masuk kalo gak makanan negara sendiri. Sehari atau dua hari mungkin kita bisa makan makanan dimana kita tinggal. Tapi untuk seterusnya kita pasti mencari cari dimana yang jual makanan negara kita sendiri. Kalo kita gak menemukan tempat yang jualnya, pasti kita penasaran pengen bikin sendiri.Browsing sana sini di internet. Kita coba bikin walaupun dengan hasil yang tidak memuaskan dan beberapa kali gagal.

Suatu hari saya pengen banget makan rendang, saya cari di internet, menemukan resep cara buat rendang. Setelah saya liat bahan2nya,disitu tertulis daun kunyit, bertanya2lah saya kenapa harus pake daun kunyit, dimana saya dapet daun kunyit. Saya yang gak terbiasa masak akhirnya membatalkan untuk bikin rendang. Dalem hati yah sudahlah gak perlu makan rendang, ditahan aja sampe kita mudik ke indo nanti.

Saya cari tau kenapa rendang harus pake daun kunyit. Ternyata daun kunyit itu berguna untuk membuat makanan yang bersantan agar tahan lebih lama dan juga bisa membantu menetralisir kandungan lemak jenuh yang ada di masakan tersebut. Karena masakan seperti rendang misalnya sudah terbuat dari daging, juga memakai santan yang akan menambah berat kandungan lemak jenuh masakan tersebut.

Seorang temen cerita kalo ada yang jualan rendang dan enak rasanya. Saya coba pesen, ternyata memang enak sekali rendangnya. Saya mau tanya resepnya kan gak enak karena dia penjual. Masa sih penjual ditanya resepnya kan itu rahasia perusahaan.

Berjanjilah dalem hati, pokoknya saya harus bisa bikin rendang pake daun kunyit. Yang pertama kali saya harus punya pohon kunyitnya dulu. Saya cari kunyit seger di pasar, seteah saya dapetin kunyit segar, saya simpanlah di wadah plastik tanpa tanah. Seminggu, dua minggu dan sebulan lebih tuh tunas gak muncul juga. Rasanya pengen buang aja deh tuh kunyit. Kurang lebih bulan ketiga, tunas dari kunyit itupun bermunculan. Seneng banget deh, akhirnya yang ditunggu2 muncul juga. Saya pindahin satu2 kunyit itu ke pot.

Liat deh photo di atas, sebenernya ada 5 pot daun kunyit tapi saya ambil cuma 2 pot aja buat di photo.

Untuk rendangnya, saya akan cerita di postingan berikutnya.

16 comments:

  1. jadi ingat di rumah mama nih, lengkap tanam bumbu dapur :)

    ReplyDelete
  2. tinggal di negri orang jadi kreatif yaa..
    hebat juga tuh kunyitnya bisa bertunas..
    selamat bikin rendang mbak.... ^_^

    ReplyDelete
  3. @Lidya : pengennya sih tanaman bumbu dapur ada di pot milik saya..tapi agak susah kalo nanem segalanya di pot..coz ruang lingkup nya kecil..sedangkan saya tinggal di tingkat satu bukan di lantai dasar..so saya gak punya kebun..

    @Nita : memang harus kreatif..kalo kita gak kreatif..kita gak bisa nikmati enaknya tinggal di negeri orang heheh

    ReplyDelete
  4. harus bermental kuat juga yah klo hidup dirantau..

    ReplyDelete
  5. Hah, daun kunyit, untuk rendang...sedap! Jawapan mengenai GA di Comment blog saya. Cheers!

    ReplyDelete
  6. hidup memang penuh pengorbanan untuk menggapai sesuatu, mungkin dibalik semua itu terdapat rahasia yang bakalan membuat sahabat blogger jadi lebih baik......

    ReplyDelete
  7. @Wilyo : yup bener

    @Pete : thanks yah pete..i will come to check

    ReplyDelete
  8. saya tunggu postingan tentang rendangnya, hehehe

    ReplyDelete
  9. bakal kesampaian dong masak rendangnya....he3x..

    ReplyDelete
  10. @Santi : tenang aja..pasti di posting dehhh
    @Jola : hhhmmmm..pokoknya enakkkkk dehhh..hehehe

    ReplyDelete
  11. Hehehe... saya malah ga pernah cari tahu gunanya kunyit utk masak rendang. ternyata... ditunggu rendang sehatnya :)

    ReplyDelete
  12. @Jala : bukan kunyitnya tapi daun kunyit..heheh

    ReplyDelete
  13. teryata untuk menanam kunyit aja butuh kesabaran ya mpe 3 bulan...kalo aku mah sudah ga sabar dehh..

    ReplyDelete
  14. @Ipin : hhehehe..penasaran aja sih, kok bisa gak numbuh2 neh tunas..sampe sempet aku lupain tuh kunyit..mo tumbuh atau gak terserah aja hihi

    ReplyDelete
  15. usaha yg manis dan gigih utk sebuah nama...rendang... jd pingin nyicipin rendangnya nih...pasti deh yummy...

    ReplyDelete
  16. @Reni: yukk kesini..ntar aku bikinin rendang dehh hehehe

    ReplyDelete